MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) SMK NEGERI 1 LAMONGAN TP 2018/2019

By Ria - Selasa, 31 Juli 2018 / 10:08:11 In news

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru. MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah. Biasanya MPLS sepenuhnya dilaksanakan oleh kelompok siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intrasekolah (OSIS) dengan guru sebagai pihak pengawas, asisten dan pemantau kegiatan selama MPLS berlangsung.

           Pembukaan kegiatan MPLS ini langsung dibuka oleh Kepala SMK Negeri 1 Lamongan yaitu Bapak Drs. Tri Waluyo, M.MPd dihadiri oleh Seluruh Guru, Staf dan Karyawan SMK Negeri 1 Lamongan dan juga dari Pengurus Osis membantu Kegiatan tersebut, dan dari siswa/i baru berjumlah 604 orang siswa. Tidak hanya pengenalan tentang lingkungan sekolah saja, melainkan pengenalan ekstra kurikuler yang dimiliki di SMK Negeri 1 Lamongan. Kegiatan berjalan selama 5 hari dan diakhiri dengan pentas seni sekaligus penutupan MPLS.

Adapun Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah memiliki tujuan yaitu sebagai berikut:

  1. Memperkenalkan siswa pada lingkungan sekolah yang baru mereka masuki
  2. Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.
  3. Memperkenalkan siswa pada keorganisasian
  4. Memperkenalkan siswa untuk dapat menyanyikan lagu hymne dan mars sekolah
  5. Memperkenalkan siswa pada seluruh kegiatan yang ada di sekolah
  6. Mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka
  7. Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal
  8. Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.

View All News